Bimbingan Suara Hati

Pada hakikatnya jawaban suara hati yang kita miliki akan sama dengan manusia yang ada di dunia ini. Karena itu, bila manusia hendak berbuat keburukan, pasti akan dilarang oleh suara hati nuraninya sendiri, karena Tuhan tak menghendaki manusia berbuat kemungkaran. Jikalau manusia tetap mengerjakan perbuatan yang tidak baik, maka suara hatinya akan bernasihat. Begitu usai berbuat, ia akan menyesalinya.

Hanya kepada Allah-lah sujud patuh segala yang ada di langit  dan di bumi, baik dengan kemauan sendiri ataupun terpaksa dan sujud pula bayang-bayang nya di waktu pagi dan petang. (QS Ar Ra'd 15)

Ketika kita menyaksikan tayangan film yang menonjolkan kasih sayang atau merefleksi makna kekuatan, ketika itu jiwa kita akan secara universal menjawab dan mengakui. Ya, inilah nilai hakiki pada setiap jiwa manusia.

Allah mengilhami sukma kejahatan dan kebaikan. Sungguh, bahagialah siapa yang menyucikannya. Dan rugilah siapa yang mencemarkannya. (QS Asy Syams 10).

Namun ada kalanya suara hati tertutup atau buta. Acapkali manusia mengabaikan pengakuan suara hati, yang pada akhirnya justru mengakibatkan dirinya terjerumus dalam kejahatan, kecurangan, kekerasan, kerusakan, dan lain-lainnya.

Manusia adalah sama dengan logam (dalam sifat dasar mereka). Oleh karena itu yang terbaik diantara mereka semasa jahiliah (zaman kegelapan) akan menjadi terbaik dalam islam; asal mereka sampai kepada pemahaman islam yang benar. (HR Bukhari dan Muslim).