Prinsip Kepentingan

 Sebuah prinsip akan melahirkan kepentingan, dan kepentingan akan menentuka prioritas tindakan.Orang yang berpikir pada prinsip politik, akan memikirkan sesuatu yang bisa langsung memberikan keuntungan secara poltik. Mereka yang berprinsip pada penghargaan pribadi, akan memprioritaskan keputusan untuk mengangkat diri pribadi. Mereka yang berprinsip pada perkawanan, akan memprioritaskan sesuatu yang bisa melanggengkan persahabatan. Orang yang berprinsip pada persaingan antar teman, akan memprioritaskan sesuatu yang bisa menjatuhkan pesaingnya, sekaligus mengangkat namanya. Orang yang berprinsip pada kemenangan kelompok akan mementingkan dan mendahulukan kemenangan tim, meski harus mengorbankan kepentingan pribadi.

Intinya, prinsip akan melahirkan prioritas, dan orang yang bijak akan mengambil keputusan dengan menimbang semua aspek sebagai satu kesatuan tauhid atau berdasarkan prinsip keesaan.

 Sering kali suara hati kita turut andil memberi informasi maha penting dalam menentukan prioritas. Tapi seringkali pula suara hati tersebut diabaikan oleh nafsu sesaat atau kepentingan tertentu dalam mencapai keuntungan jangka pendek, yang justru seringkali mengakibatkan kerugian jangka panjang. Sesungguhnya bisikan suara hati senantiasa memberi informasi dan menjadi pengendali langkah serta penentu prioritas di kehidupan kita sehari-hari.

Mereka diberi pahala dua kali karena kesabarannya. Mereka menolak kejahatan dengan kebaikan, dan mereka nafkahkan sebagian dari apa yang Kami berikan kepadanya. (QS Al Qashash 54)