Orientasi Tujuan dan Optimalisasi Upaya

Visi hanya berlaku untuk hal-hal yang berkaitan dengan harapan atau cita-cita jangka panjang, tetapi juga untuk hal-hal yang berkenaan dengan tindakan sehari-hari. Begitu banyak orang yang hanya berorientasi pada aktivitas menyelesaikan pekerjaan, bukan pada tujuan akhir pekerjaan. Hasilnya sungguh-sungguh tidak akan efektif. Banyak yang kelihatan sibuk mengerjakan banyak pekerjaan. Waktu dan biaya habis terbuang, namun pencapaian hasil yang diharapkan tidak mampu terwujudkan.

Sering sebuah tugas diberikan kepada orang lain tanpa terlebih dulu diberi penjelasan tentang tujuan akhir yang harus dicapai. Seringkali hal ini dilewatkan begitu saja, sehingga tugas yang diberikan kurang didukung sepenuh hati. Berikan pemaknaan pada hatinya dengan menjelaskan tujuan akhir apa yang sesungguhnya harus dicapai.

Pahamilah sedikit demi sedikit tentang tujuan akhir yang ingin dicapai, sehingga akan terjadi pembangunan karakter melalui kesadaran diri dari dalam, bukan dari luar. Apabila orang sudah memiliki tujuan akhir dan keyakinan dalam benaknya, maka seribu jalan akan tercipta untuk mencapainya. Dibutuhkan pencapaian target-target yang mesti dicapai terlebih dulu, serta sebuah kesabaran sebelum mencapai tujuan utama.

Kamu pasti menjalani (keadaan) tingkat demi tingkat. (QS Al Insyiqaaq 19).