Pemimpin Yang Dipercaya

 Seseorang yang memiliki integritas tinggi adalah orang yang dengan penuh keberanian serta berusaha tanpa kenal putus asa untuk dapat mencapai apa yang ia cita-citakan. Cita-cita yang dimilkinya itu mampu mendorong dirinya untuk tetap konsisten dengan langkahnya. Integritas akan mambuat kita dpercaya, dan kepercayaan ini akan menciptakan pengikut. Dan kemudian tercipta sebuah kelompok yang memiliki kesamaan tujuan. Setelah mencapai landasan sebagai pemimpin yang dicintai maka tingkat kedua adalah integritas yang menciptakan kepercayaan.

Integritas adalah sebuah kejujuran. Integritas tidak pernah berbohong dan integritas adalah kesesuaian antara kata-kata dan perbuatan yang menghasilkan kepercayaan. Ketika pertama kali Nabi Muhammad SAW menerima wahyu dari Allah SWT ia merasa bingung, siapa yang akan diajak dan siapa yang akan mendengarkan. Dari sinilah dibutuhkan keberanian dan pengorbanan untuk mampu menegakkan kebenaran serta menciptakan suatu perubahan. Ia sungguh-sungguh melakukannya dan berani menanggung segala resikonya. Keberanian ini pula yang membangun kepercayaan para pengikutnya hingga akhir zaman.

Konsistensi dari perjuangan yang tidak pernah mengenal putus asa untuk menjadi seorang pemimpin yang dapat dipercaya, Nabi Muhammad SAW mampu melakukannya. Pemimpin sejati adalah pemimpin yang memiliki prinsip-prinsip yang mampu menciptakan kepercayaan dan pengaruh yang luar biasa dari para pengikutnya. Ia memegang teguh prinsip, tidak tergoda oleh rayuan harta atau kedudukan, yang akan menghancurkan serta menarik kepercayaan yang telah diperolehnya dari para pengikutnya. Bahkan Nabi Muhammad SAW mampu menolak tawaran tersebut dengan cara yang sangat mempesona. Inilah pemimpin yang integritas.

Kami utus para rasul-rasul untuk menyampaikan kabar gembira dan memberi peringatan. maka barangsiapa yang beriman, dan memperbaiki diri, tiada mereka perlu dikhawatirkan, dan tiada mereka berduka cita. (QS Al An'aam 48).