Komitmen

 Menyatakan sebuah janji adalah pekerjaan yang sangat mudah, namun menepati sebuah janji adalah sebuah langkah emas yang mampu meraih kepercayaan yang sangat tinggi nilainya bagi orang lain. Meski hanya sebuah janji kecil, namun sesungguhnya hal tersebut sangat berpengaruh bagi kredibilitas seseorang. Berjanji adalah suatu hal yang sangat penting, begitu pentingnya, sampai-sampai mendapat perhatian serius dari Tuhan.

Sebaliknya, tidak menepati janji adalah suatu langkah sangat mematikan kredibilitas seseorang. Oleh karena itu, janganlah berjanji sekiranya tidak bisa menepati. Saat kita berjanji, sesungguhnya kita menarik energi suara hati orang lain secara besar-besaran yang dinamakan harapan. Lalu energi itu kita bawa pulang, dan jika tidak dikembalikan ke sumbernya, keseimbangan orang lain akan terganggu. Harapan (akan realisasi janji) tersebut telah kita tarik, dan belum kita kembalikan (janji belum terealisasi). Ingat bahwa suatu aksi akan menimbulkan reaksi.

Sungguh, orang-orang yang berjanji setia kepadamu, tiada lain dari berjanji setia kepada Allah. Allah meletakkan tangan-Nya di atas tangan mereka. Tetapi barangsiapa melanggar janji, tiada lain dari melanggar janji terhadap dirinya sendiri. Dan barangsiapa menepati janji yang dijanjikannya kepada Allah, Allah akan memberinya pahala berlimpahan. (QS Al Fath 10).