Prinsip Keteraturan

Mulailah dengan tujuan memperhatikan visi terlebih dahulu kemudian penerapan aspek manajemen. banyak orang sering berpikir terbalik, karena memang lebih mudah untuk memperbaiki apa yang sudah kelihatan di depan mata, ketimbang mewujudkan sebuah visi yang sama sekali belum ada dan belum terlihat secara kasat mata. Banyak orang lebih mendahulukan manajemen sementara diri sendiri tidak tahu kemana arah yang dijalani.

Sungguh telah Kami ciptakan segala sesuatu dengan ukuran. (QS Al Qamar 49).

Manajemen adalah mengerjakan segalanya secara benar; kepemimpinan adalah mengerjakan hal-hal yang benar. Manajemen, melakukan efisiensi dalam menaiki tangga keberhasilan; sedangkan kepemimpinan adalah menentukan apakah tangganya bersandar pada dinding yang benar. Sang pemimpin bagaikan seseorang yang memanjat pohon tertinggi, mempelajari seluruh situasi.

Perhatikan pula salah satu anjuran Rasulullah :"Mulailah dari sebelah kanan". Salah satu kebiasaaan Rasulullah ini, ternyata terbukti dengan keberadaan otak sebelah kanan yang berisikan visi manusia. Mulailah dari sebelah kanan, artinya, mulailah suatu pekerjaan dengan sebuah tujuan atau visi. Visi seorang Muslim harus jelas dan transparan. Setiap pribadi Muslim diwajibkan untuk membuat rumusan akan dirinya, melakukan analisa serta perhitungan untuk memastikan apakah dirinya selalu berada "on the track" sebagai rahmat bagi semesta alam. Doa adalah sebuah harapan, dan harapan umumnya muncul dalam bentuk visual yang terletak pada otak sebelah kanan. Mulailah dengan doa, seperti dianjurkan oleh Rasulullah SAW, artinya juga memulai sesuatu dengan tujuan. Mulailah dengan visi, adalah sebuah langkah awal dari prinsip keteraturan.

Tiadakah kamu melihat, bahwa Allah menundukkan bagimu segala yang ada di langit dan segala yang ada di bumi, serta melimpahkan atasmu nikmat-Nya,yang nampak maupun yang tiada nampak? Namun di antara manusia, ada orang yang bertengkar tentang Allah tanpa pengetahuan, tanpa bimbingan, dan tanpa Kitab yang memberi penerangan. (QS Luqman 20).