Kekuatan Sebuah Misi

Apabila kita perhatikan dan cermati dengan seksama, kita akan menyaksikan bahwa dalam setiap kebangkitan besar bangsa-bangsa dalam sejarah dunia, atau dibalik kemajuan perusahaan-perusahaan kelas daunia pastilah ada penetapan misi (mission statement) yang memotivasi mereka. Itulah sumber kekuatan mereka, yaitu penetapan 'syahadat', terlepas dari benar atau tidaknya 'syahadat' mereka itu. Dan waktulah yang kemudian membuktikan kekuatan serta kenbenaran 'syahadat' yang dipilih tersebut. Inilah "penetapan misi" yang sesungguhnya mampu mendorong sebuah pergerakan.

Hai manusia! Sungguh, janji Allah adalah benar. Maka jangalah kamu tertipu oleh kehidupan dunia, dan janganlah sang penipu menipumu tentang Allah. (QS Faathir 5)

British rules the waves adalah sebuah penetapan misi yang telah dimilki dan telah menjiwai Angkatan Laut Inggris Raya, yang artinya "Inggrislah yang mengatur gelombang samudera". Kata-kata itu begitu tertanam di alam bawah sadar jajaran Angkatan Laut Kerajaan Inggris dan telah menjadi dorongan kekuatan batiniah yang terbukti sukses mengantarkan Inggris menjadi sebuah negara koloni terbesar dunia di abad pertengahan masehi. Bendera mereka menggambarkan delapan penjuru mata angin yang mengilhami mereka untuk menguasai dunia dari segala penjuru. bahkan sampat saat inipun kebesaran mereka masih tersisa. Inilah contoh kekuatan penetapan misi.