Membangun Visi

Setiap orang mempunyai impian dalam hati mereka yang dapat mengobarkan api semangat yang tak mampu dipadamkan oleh orang lain. Wawasan yang hebat sanggup memulai sebuah 'pekerjaan dalam' yang orang lain tidak kuasa melakukannya.

Katakanlah, "Hai kaumku! Berbuatlah menurut kehendakmu! Sungguh, aku pun akan melakukan (kehendakku). Nanti kamu akan mengetahui, siapa (di antara kita) yang (paling baik) tempat kediamannya pada akhirnya. Sungguh, orang durjana tiada kan mendapat kejayaan. (QS Al An'aam 135).

Roger Dawson berpendapat bahwa untuk mengubah kehidupan mereka sendiri, maka pertama kali diri merekalah yang harus berubah terlebih dulu. Mereka harus mampu mengembangkan sikap hidup positif, menentukan tujuan yang akan mengarahkan hidup mereka secara lebih baik, dan mereka harus menguatkan keyakinan dalam diri mereka sendiri bahwa mereka akan berhasil.

Penetapan misi Dua kalimat Syahadat adalah suatu langkah pertama yang telah terbukti kebenarannya secara ilmiah dan secara langsung atau tidak langsung telah didukung oleh para ilmuwan, karena langkah ini merupakan suatu pembangunan wawasan dan persepsi tentang tujuan akhir (visi).

Sungguh, Allah telah meridhai orang-orang Mukmin, ketika mereka berjanji setia kepadamu dibawah pohon, Ia (Allah) tahu apa yang ada di dalam hati mereka,lalu Allah turunkan ketenangan atas mereka, dan memberi mereka karunia kemenangan di masa yang dekat.(QS Al Fath 18).