Prinsip Malaikat

 Kita sebagai manusia harus berprinsip seperti malaikat dimana malaikat adalah makhluk mulia, mereka sangat dipercaya oleh Tuhan untuk menjalankan segala perintah-Nya. Semua pekerjaan dilakukan dengan sebaik-baiknya. Seberat apapun pekerjaan yang diberikan kepada malaikat, akan dilaksanakan dengan sepenuh hati. Prinsipnya tunggal, hanya mengabdi kepada Allah SWT. Memiliki kesetiaan yang tiada tara, bekerja tanpa kenal lelah, tak memiliki kepentingan lain selain menyelesaikan pekerjaan yang diberikan oleh Allah SWT tersebut hingga tuntas.

Dengan hasil yang sangat memuaskan, malaikat sangat disiplin dalam menjalankan tugas. Semua sistem yang berada dibawah tanggung jawabnya berjalan dengan sangat sempurna, tanpa cacat sedikitpun. Inilah contoh integritas sesungguhnya,integritas total yang telah menghasilkan suatu kepercayaan yang maha tinngi, yang diberikan langsung oleh Tuhan, dan malaikat secara sungguh-sungguh mampu menjaga kepercayaan yang diberikan kepadanya, sehingga menjadi suatu kepercayaan yang abadi.

Keteladanan yang bisa diambil dari sifat malaikat secara umum adalah kepercayaan yang dimilikinya, loyalitas dan integritasnya yang sangat mengagumkan. Malaikat dianugerahi oleh Allah SWT hanya akal, sedangkan manusia dianugerahi akal dan nafsu. untuk itulah kita sebagai manusia harus mampu menekan nafsu yang kita miliki dengan mengandalkan akal yang kita miliki dengan suara-suara hati.

(Ingatlah) ketika kamu memohon pertolongan kepada Tuhanmu, lalu ia mengabulkan permohonanmu (sambil berfirman) , "Akan Ku tolong kamu dengan seribu malaikat beriring-iringan. (QS Al Infithaar 10-12).